Cara Mendalami Karakter Diri Kita Sendiri


Cara Mendalami Karakter Diri Kita Sendiri

Kadang Kamu mendapati diri melakukan sesuatu tetapi tidak tahu mengapa. Mengapa Kamu berteriak pada anak Anda? Mengapa Kamu memilih bertahan pada pekerjaan yang saat ini alih-alih mencari pekerjaan baru ? Mengapa Kamu berdebat dengan orang tua tentang faktor yang sebenarnya tidak Kamu pedulikan ? Alam bawah sadar mengendalikan tidak sedikit perilaku kami sehingga alasan di balik keputusan mungkin diselimuti misteri.

 Tetapi, apabila Kamu tahu bagaimana harus mencari, Kamu sanggup mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang diri sendiri: mengapa Kamu membuat keputusan tertentu, apa yang membuat Kamu bahagia, dan bagaimana Kamu sanggup menjelma lebih baik.

 Bisakan pekualitasan yang objektif. Faktor pertama yang sanggup Kamu lakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik bakal diri sendiri adalah mendapatkan pekualitasan yang objektif. Pasti saja, Kamu sanggup bertanya pada orang yang Kamu kenal, tetapi pengalaman mereka tentang Kamu bakal membawa mereka pada prasangka yang sama seperti Anda.

 Opini objektif bakal memberi gambaran yang lebih akurat dan membuat Kamu mempertimbangkan berbagai faktor yang mungkin tidak pernah dipikirkan sebelumnya. Ada sejumlah tes yang sanggup diambil untuk mempelajari berbagai aspek diri Kamu (dan ini lebih dari sekadar tes yang tidak lebih tepercaya):

    Teori jenis kepribadian Myers-Briggs Personality mengatakan bahwa semua orang memiliki 1 dari 16 jenis kepribadian dasar. Kepribadian ini sanggup memprediksi bagaimana Kamu berinteraksi dengan orang lain, jenis masalah antar langsung dan kekuatan yang Kamu miliki, juga lingkungan kerja dan daerah tinggal seperti apa yang paling baik bagi Anda. Versi dasar tes ini sanggup ditemukan daring, bila Kamu ingin mencari tahu apa yang sanggup Kamu pelajari untuk pemahaman diri yang lebih baik.

    Apabila Kamu kesusahan memahami apa yang membuat Kamu bahagia dan apa yang harus Kamu lakukan dalam hidup, pertimbangkan untuk mengambil tes karier. Tes jenis ini sanggup membantu Kamu memutuskan apa yang mungkin Kamu rasa paling memuaskan, biasanya berdasarkan kepribadian dan apa yang biasanya Kamu lakukan untuk berbahagia-bahagia. Kamu tidak sedikit tes tidak sama yang tersedia daring, tetapi bila Kamu masih sekolah sehingga Kamu mungkin sanggup mendapatkan tes yang lebih tepercaya dari konselor karier.

    Ada teori yang mengatakan bahwa setiap orang mempelajari dan memproses pengalaman mereka di dunia dalam satu dari sejumlah tutorial tidak sama. Ini disebut “gaya belajar”. Mengenal gaya belajar bakal membantu Kamu bahkan setelah keluar dari sekolah dan sanggup membantu memahami kenapa Kamu kesusahan dengan berbagai aktivitas dan unggul pada bidang lain. Sama dengan lainnya, ada sejumlah tes gratis yang sanggup Kamu ambil daring. Tetapi sadari bahwa ini adalah sains yang masih diperdebatkan, karena ada tidak sedikit teori tentang gaya belajar, dan Kamu mungkin mendapat yang bakal terjadi tidak sama tergantung tes apa yang Kamu ambil.

    Kamu juga sanggup menemukan tidak sedikit tes lain yang mencakup tidak sedikit subjek di Psychology Today.

Lakukan latihan menulis karakter. Ketika penulis menulis sebuahbuku, mereka tidak jarang melakukan latihan menulis yang membantu mereka untuk lebih memahami karakter yang mereka tulis. Kamu sanggup melakukan latihan yang sama untuk mendapatkan pemahaman diri yang lebih baik dan latihan ini tidak sedikit ditemukan daring dengan tutorial gratis

. Latihan ini mungkin tidak memberi yang bakal terjadi resmi, bahkan tidak jarang mengandalkan Kamu untuk menarik kesimpulan sendiri tentang maksud di balik jawaban yang Kamu buat, tetapi ini sanggup membuat Kamu memikirkan berbagai faktor yang belum pernah terpikirkan. Cobalah menjawab pertanyaan berikut untuk mendapatkan gagasan seperti apa tes tersebut:

    Bagaimana Kamu mendeskripsikan diri sendiri dalam satu kalimat ?
    Apa tujuan Kamu dalam cerita hidup ini ?
    Apa faktor paling penting yang pernah terjadi pada Kamu ? Bagaimana faktor tersebut sanggup mengubah Kamu ?
    Bagaimana Kamu sanggup tidak sama dari orang-orang di tidak lebih lebih Kamu ?

Evaluasi kekuatan dan kelemahan Anda. Kamu sanggup memahami siapa diri Kamu dengan lebih baik dan apa yang paling penting bagi Kamu dengan memikirkan kekuatan dan kelemahan. Lebih penting lagi, Kamu perlu membandingkan persepsi Kamu tentang kekuatan dan kelemahan tersebut dengan apa yang diidentifikasi kawan-kawan, keluarga, dan rekan kerja. Faktor yang sanggup mereka lihat tetapi tidak sanggup Kamu lihat sanggup memberi tahu tidak sedikit faktor tentang diri Kamu dan bagaimana Kamu memandang diri sendiri.

    Contoh kekuatan di antaranya kebulatan tekad, loyalitas, disiplin diri, perhatian, ketegasan, kesabaran, diplomasi, keterampilan berkomunikasi, dan imajinasi atau kreativitas.
    Contoh kelemahan di antaranya berpikiran tertutup, mementingkan diri sendiri, kesusahan memahami kenyataan, menghakimi orang lain, dan masalah dengan pengendalian diri.

Kualitas prioritas Anda. Apa yang menurut Kamu paling penting dalam hidup dan interaksi sehari-hari sanggup memberi tahu tidak sedikit tentang diri Anda. Pikirkan prioritas Anda, bandingkan dengan prioritas orang lain yang Kamu hormati, dan pikirkan apa yang dikatakan kesimpulan tersebut tentang Anda. Pasti saja, Kamu perlu terbuka pada gagasan bahwa prioritas tersebut tidak berada dalam urutan paling baik (tidak sedikit orang juga tidak), tetapi sanggup mengajarkan tidak sedikit faktor tentang diri sendiri.

    Seandainya rumah Kamu terbakar, apa yang bakal Kamu lakukan? Apa yang bakal Kamu selamatkan? Menakjubkan sekali bagaimana kebakaran sanggup mengungkapkan prioritas kita. Bahkan seandainya Kamu menyelamatkan sesuatu yang praktis, seperti catatan pajak, faktor ini masih sanggup mengatakan sesuatu tentang diri Kamu (mungkin Kamu lebih suka mempersiapkan diri dan tidak menghadapi perlawanan).

    Tutorial lain untuk mengenal prioritas adalah dengan membayangkan orang yang Kamu cintai dikritik dengan tutorial terbuka untuk sesuatu yang tidak Kamu dukung (katakanlah, mereka homo tetapi Kamu tidak setuju dengan gaya hidup tersebut). Apakah Kamu mendukung mereka? Melindungi mereka? Bagaimana? Apa yang bakal Kamu katakan? Perbuatan kami di hadapan kritik rekan-rekan dan kemungkinan diasingkan sanggup mengungkapkan prioritas kita.

    Berbagai contoh prioritas yang tidak jarang dimiliki orang adalah: uang, keluarga, seks, respek, keamanan, stabilitas, harta benda, dan keenjoyan.

 Lihat bagaimana Kamu telah berubah. Lihat masa lalu Kamu dan pikirkan bagaimana peristiwa yang terjadi pada Kamu dalam hidup telah memengaruhi tutorial Kamu bertindak dan berpikir kali ini. Menonton bagaimana perubahan Kamu sebagai insan sanggup mengungkap tidak sedikit tentang alasan dari tutorial Kamu bertindak, karena tingkah laku kami saat ini dibangun di atas pengalaman masa lalu.

    Sebagai contoh, mungkin Kamu cenderung menjadi sangat defensif di tidak lebih lebih pengutil dan sangat keras pada orang yang Kamu anggap mencuri. Ketika Kamu memikirkan faktor ini, Kamu mungkin ingat mencuri permen dari sebuahtoko ketika masih kecil dan orang tua menghukum Kamu dengan keras, yang bakal mengulas reaksi Kamu yang lebih kuat dari normal pada perilaku serupa di masa kini.

Comments

Popular posts from this blog

7 Cara Mempertajam Intuisi dalam Kehidupan Sehari-hari

5 Rahasia Orang Sukses Berinovasi dalam Kehidupan Sehari-hari

7 Cara Berfikir Positif